Resep Cara Membuat Masakan Nusantara Lengkap Komplit Spesial. Yang Terdiri dari Resep Kue Kering Kue Tradisional Resep Kue Basah Minuman Jus Resep Nasi Goreng Resep Cilok Resep Pancake

Resep Apem Selong

Bagi anda kaum muslim, pastinya kita akan mengadakan selamatan. Di pulau jawa, terutama jawa timur, bila akan memasuki ramadhan, akan mengadakan selamatan kecil menjelang ramadhan. Salah satu jajanan tradisional yang selalu ada menjelang selamatan adalah apem selong. Rasanya manis, asam dan lembut di mulut anda, dijamin anda bakalan suka dengan apem selong ini.


Apem selong di buat dengan bahan dasar tepung beras yang di campur dengan santan dan tape singkong, perpaduan dari bahan bahan itu akan membuat anda ketagihan dengan rasanya. Bila anda suka, anda dapat menambahkan potongan daun pandan atau di tambah dengan irisan nangka yang di masukkan ketika setengah matang.

Bahan :
  • 200 gr tepung beras
  • Garam secukupnya
  • 2 butir telur ayam
  • 500 ml air susu atau air santan hangat
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 50 gr margarin, cairkan
  • 2 sendok makan gula pasir
  • Margarin untuk olesan
Cara membuat apem selong :
  1. Buat campuran dari tepung beras, ragi instan dan gula pasir, aduk hingga benar benar rata.
  2. Setelah rata buat lubang ditengahnya hingga meyerupai kawah kecil.
  3. Masukkan telur di tengahnya, sambil di tuang air susu atau santan hangat secara perlahan, aduk aduk perlahan dan licin.
  4. Diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit hingga adonan mengembang.
  5. Setelah mengemabnag, tambahkan dengan margarin cair dan garam lalu aduk kembali hingga rata.
  6. Siapkan wajan kecil, lalu oles dengan sedikit margarin, lalu tuang satu sendok sayur adonan ke dalam wajan. Tekan bagian tengahnya hingga melebar dan kering di bagian pinggirnya, lalu masak dengan api kecil hingga apem matang. Angkat dan langjutkan hingga semua adonan habis.
Apem selong biasanya di sajikan ketika sudah dingin, namun saat hangat juga enak untuk di nikmati bersama teh atau minuman hangat.

Tag : Resep Kue
Back To Top