Resep Cara Membuat Masakan Nusantara Lengkap Komplit Spesial. Yang Terdiri dari Resep Kue Kering Kue Tradisional Resep Kue Basah Minuman Jus Resep Nasi Goreng Resep Cilok Resep Pancake

Resep Es Kacang Merah Santan

Resep Es Kacang Merah Santan. Pasti mungkin bunda ataupun sista dirumah terbayang dengan bahan kacang merah yang dibuat untuk masakan seperti sup. Namun ternyata kacang merah tak hanya bisa untuk bahan masakan khas Indonesia, namun juga bisa dibuat es kacang merah santan. Wah pastinya rasanya sangat seru dan enak, penasaran kan bagaimana membuat es kacang merah untuk hidangan spesial keluarga tercinta dirumah. O iya mungkin bunda ada yang belum tahu tempat membeli kacang merah, biasanya kacang merah dijual di pasar pasar tradisional.


Bahan es kacang merah santan :
  • 200 gram kacang merah, rendam selama kurang lebih 3 jam, angkat dan tiriskan
  • 150 gram gula batu
  • 1 liter air
  • 2 lembar daun pandan
  • es serut secukupnya
Bahan kuah santan :
  • 1 lembar daun pandan kita ikat simpul
  • 1/2 sendok teh tepung maizena, kita larutkan dengan sedikit air
  • 150 ml santan 
Cara membuat es kacang merah santan :
  1. Kita rebus air, gula batu, kacang merah yang sudah direndam, daun pandan dan juga garam hingga mendidih. 
  2. Setelah mendidih kita kecilkan api kemudian aduk aduk hingga kacang merah lunak dan benar benar matang. Angkat kita sisihkan terlebih dahulu.
  3. Membuat kuah santan : kita rebus santan dengan daun pandan hingga mendidih. Kemudian masukkan larutan tepung maizena aduk aduk hingga rata.
  4. Cara penyajian es kacang merah santan : taruh kacang tanah dalam gelas saji, tambahkan serutan es dan siram dengan kuah santan.
Nah demikian resep cara membuat es kacang merah santan yang sangat enak dan lezat. Dan perlu kita ketahui ternyata kacang merah juga mempunyai banyak manfaat bagi tubuh yang akan saya jelaskan dibawah ini.

Manfaat Kacang Merah

1. Mengontrol berat badan
Dengan menambahkan kacang merah dalam sup rendah kalori atau salad. Bisa mengontrol berat badan kita.

2. Memasok banyak energi
Karena terdapat kandungan zat bersi pada kacang merah sehingga dapat meningkatkan energi pada tubuh kita. Zat besi juga merupakan sumber utama yang diperlukan untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan energi tubuh.

3. Menjaga gula darah
Kacang merah juga kaya akan serat yang berfungsi untuk menurunkan tingkat metabolisme kandungan karbohidrat dalam kacang kacangan.

4. Sumber vitamin

5. Baik untuk otak

6. Kardiovaskular
Kacang merah dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sehingga dapat menurunkan resiko serangan jantung, stroke dan penyakit pembuluh darah perifer

7. Mempermudah BAB

Namun saat mengkonsumsi kacang merah kita harus seuai porsi jangan sampai berlebihan.
Back To Top